Pages

Saturday, March 10, 2018

MENJADI YANG TERBAIK



Sahabat nabi bernama  Ibnu Abbas menceritakan bahwasanya   Rasululah sallahu alaihi wasalam bersabda: “ Sesungguhnya aku telah mendapatkan di dalam kitabullah ada tiga puluh ayat dimana sesiapa yang membacanya ketika akan tidur maka akan dituliskan baginya tiga puluh kebaikan, dihapuskan baginya tiga puluh kejahatan, diangkatkan baginya tigapuluh derajat, dan akan dikirimkan kepadanya malaikat yang akan mengembangkan sayapnya dan menjaganya daripada segala sesuatu sampai dia terjaga dari tidur, itu surah “Mujadilah” ( pembela ) yang akan membela pemiliknya nanti di dalam kubur , dan itulah surah " Tabarakalladzi bi yadihil mulk " ( hadis riwayat dailamy ). Adapun yang dimaksud dengan surah “ Tabarakalladzi biyadihil mulk “ itu adalah surah Al Mulk, sebab hanya surah itu yang bermula dengan ayat “ Tabarakalladzi biyadihil mulk “, Maha Berkat Tuhan  yang menjadikan segala sesuatu dengan tangan-Nya ".

Secara bahasa, kata "Al Mulk" berasal dari bahasa Arab, yaitu  “ malaka - yamliku” yang bermakna: memiliki, atau  menguasai sesuatu.  Berati makna “ Al Mulk “ adalah pemilikan dan kekuasaan. Mengapa surah ini disuuh nabi untuk dibaca sebelum tidur ? Sebab dalam surah ini terdapat pesan dan petuunjuk hidup yang tidak boleh dilupakan setiap hari bagi seorang muslim, sebab dengan melaksanakan pesan tersebut seorang hamba dapat meyakini bahwa Allah satu-satunya pemilik kekuasaan mutlak, dan dengan membaca surah ini juga memberikan kepada si pembaca untuk melaksanakan petunjuk dan pesan ayat ini sehingga setiap muslim dapat menjadi penguasa di muka bumi dengan melakukan pesan Ilahi yaitu melakukan segala sesuatu dengan cara dan hasil terbaik, sehingga dengan membaca surah al Muluk ini  manusia dapat  bertambah keimanan bahwa Allah sebagai Penguasa Alam Semesta, dan sadar bahwa Allah memberikan amanah kepadanya manusia agar selalu melakakukan yang terbaik dalam setiap perbuatan yang dilakukan. Dengan menjadi orang yang terbaik dan melakukan yang terbaik itulah merupakan syarat kepemimpinan dan penguasaan dunia.

Jika manusia setiap hari dapat melakukan yang terbaik, maka manusia itu akan terhindar daripada siksa api neraka, sebagaimana dinyatakan oleh  Abu Hurairah  bahwa Rasulullah sallhu alaihi wasallam pernah bersabda : " Ada sebuah surah dari kitab Allah terdiri dari tiga puluh ayat , yang akan memberikan syafaat kepada seseorang sampai orang itu mendapat ampunan Allah, itulah surah " Tabarakalladzi biyadihil Mulk " ( hadis riwayat Abu daud, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Dharis, al Hakim dalam sahihnya, Ibnu Murdawiyah, dan Baihaqi ). Sahabat Nabi,  Anas juga menceritakan bahwa Rasulullah  bersabda : " Dia ( surah al Mulk ) akan menjadi Pelindung ( Mani'ah ) dan Penolong ( (Munjiyah ) seseorang daripada azab kubur ". ( riwayat Thabrani ). Sahabat nabi, Anas juga menceritakan bahwa Rasulullah  bersabda : " Dia ( surah al Mulk ) akan menjadi Pelindung ( Mani'ah ) dan Penolong ( (Munjiyah ) seseorang daripada azab kubur ". ( riwayat Thabrani ). Oleh sebab itu menurut Ibnu Abbas bahwa  Rasulullah pernah bersabda : " Aku merindukan agar surah al Mulk itu ada di dalam hati setiap manusia daripada umatku " ( Thabrani, dan Hakim ).

Dengan membaca surah "al Mulk"dimaksudkan agar umat Islam akan sadar bahwa ada kewajiban umat untuk melakukan segala sesuatu dengan terbaik, sehingga dengan menjadi manusia terbaik dalam setiap perbuatan, profesi, dan tempat, itu sudah cukup menjadi pedoman  hidup seorang muslim, Amalan yang terbaik itu nanti akan menjadi pelindung seorang muslim daripada siksa di hari kiamat, dan cukuplah bagi seorang muslim menjadi orang yang terbaik dalam kehidupannya setiap hari, sebagaimana dinyatakan oleh sahabat Ibnu Mas'ud berkata : Kami para sahabat pada masa rasulullah menamakan surah al Mulk ini dengan nama surah al Mani'ah (pelindung ) dan barang siapa yang membaca surah tersebut pada waktu malam , maka itu sudah mencukupi baginya ( riwayat Thabrani ). Dengan membaca surah al Mulk di waktu malam, sebelum tidur akan memberikan baginya untuk menjadi orang yang terbaik di esok harinya. Sikap menjadi orang yang terbaik itu sudah cukup bagi seseorang untuk bekal hidup di esok hari.

Dalam ayat pertama dari surah al Mulk tertulis ayat ; “ Tabarakalladi biyadihil mulku wahua ala kulli syai’in qadir “. Ayat ini bermakna   “ Maha Berkat Tuhan Yang Menjadikan sesuatu dengan tangan-Nya dan Dia adalah Dzat Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu”. Surah ini dimulai dengan kata-kata “ Tabaraka “, yang berasal dari kata-kata “ ba-ra-ka”. Ba-ra-ka dalam bahasa Arab adalah “  Sesuatu yang membawa kebaikan dan manfaat dan kebaikan itu akan berterusan. Ba-ra-ka juga bermakna tetapnya kebaikan pada sesuatu  ( Raghib Asfahani, al Mufradat fi gharibil Quran, hal.54 ).

Berarti Ta-ba-ra-ka bermakna bahwa ada kebaikan yang tetap pada sesuatu dan kebaikan itu akan terus bertambah. “ Tabarakalladzi bi yadihil mulk “ berarti seorang muslim harus meyakini bahwa segala yang dijadikan dan diciptakan Allah, baik benda-benda alam, baik segala kejadian yang terjadi, semuanya itu memiliki keberkatan daripada Allah Taala. Segala benda alam, batu, rumput, hewan, gunung, langit. Bumi, tumbuh-tumbuhan, apa saja yang Allah ciptakan itu semanya berkat, bermanfaat, memiliki kebakan yang terus menerus dan dapat dipergunakan dengan baik untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. 

Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam ayat lain, bahwasanya segala sesuatu yang ada itu semua dijadikan Allah mempunyai maksud dan tujuan kebaikan (  QS.AlHijr : 85, QS.Rum:8, QS.Dukhan:39, QS.al Jatsiyah : 6, QS.Shad :27 ), sebab Allah menjadikan sesuatu bukan untuk main-main tanpa maksud, guna dan tujuan ( QS.Al Anbiya:16,  QS.Dukhan :38 ). Segala sesuatu itu menjadi berkat sebab semua alam ini  dijadikan oleh Tangan Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Bijaksana, sehingga segala takdir baik atau burk, nikmat atau musibah , semuanya memiliki nila keberkatan dan kebaikan bagi manusia itu sendiri dan manusia yang lain.

Disbabkan Allah telah menjadikan segala sesuatu dimuka bumi ini memiliki keberkatan, kebaikan bagi kehidupan, maka manusia sebagai Khalifah Allah di muka bumi ini diberi amanah dan tanggungjawab untuk mempergunakan segala sesuatu yang terdapat dalam alam ini dengan benar dan cara yang terbaik sehingga asegala sesuatu dalam alam ini dapat menjadi jalan mencapai  kebahagiaan  hidup dunia dan akhirat kelak.  Manusia sebagai halifah Allah di atas bumi juga telah dijelaskan dalam ayat-ayat lan seeprti  QS. Al Baqarah : 30,  QS.Shaad : 26,  QS.Al An’am : 165 .

Dalam menjalankan tugas khalifah untuk mempergunakan alam ini dan menghasilkan sesuatu yang terbaik tersebut, manusia tidak perlu khaatir dan takut dengan gangguan, rintangan dan lan sebagainya sebab setiap muslim yakin bahwa ada Allah Dzat yang maha kuasa atas segala sesuatu. Oleh sebab itu dalam tafsir al Kasyaf dinyatakan : “ Di tanganNya kekuasaan atas segala yang ada, dan dia Maha Kuasa untuk menjadikan  segala yang belum ada “. Sebagai menjalankan tugas sebagai Khalifah Alah dimuka bumi, manusia haus senantiasa meminta pertolongan dan petunjuk Allah, sebab manusia mukmin mampu menghadapi segala tantangan dan kesuiltan hidup sebab Allah adalah Tuhan Yang Maha Kuasa, dan Dia dengan kuasanya boleh  saja merubah segala sesuatu dengan ketentuanNya dan kekuasaanNya.

Amanah manusia untuk menadi khalifah dengan melaksanakan setiap sesuatu dengan terbaik itulah yng harus diingat oleh setiap manusia sebelum tidur, untuk menilai kembali apakah  perbuatannya pada hari ini sejak pagi sampai malam sudah menajdi perbuatan terbaik, sebab Allah menjadikan hidup mansuia itu untuk meguji manusia dalam melakukan sesuatu yang terbaik, sebagaimana dinyatakan dalam ayat : “ Dia Tuan Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya”.( QS. Al Mulk :  )

Dengan membaca ayat tersebut agar kita menyadari bahwa sebenarnya hidup ini adalah ujian Allah dalam apakah manusia telah menjalankantugas yang terbaik dalam menjalankan tugas sebgai hamba dan khalifah, sebab segala apa yang  Bumi diberikan kepada manusia untuk menguji bagaimana manusia mempergunakan segala potensi alam dan bumi. Hal ini dinyatakan dalam ayat 7 dari surah al Kahfi : “ Sesungguhnya kami menjadikan apa saja yang ada  diatas bumi ini sebagai perhiasan untuk menguji kamu siapakah yang terbaik amal perbuatannya “ ( QS. Al Kahfi : 7 ). Inilah diantara maksud mengapa kita diperintahkan agar membaca surah al Mulk setiap malam, dan surah al Kahfi setiap jum’at, yaitu agar mansuia yang membaca tetap sadar bahwa tugas utama dalam hidup adalah bagaimana dapat menjalankan tugas dan kehidupan di dunia ini dengan sebaik-baiknya, sebab kita sekarang sedang diuji oleh Allah dalam menjalankan tugas tersebut.

Dengan melakukan segala sesuatu dengan hasil terbaik, berarti kita telah memberikan kebaikan hidup kita dan keberkatan kepada orang yang lain, sebab orang lan dapat merasakan kebaikan dari kehidupan kita. Oleh sebab itu setiap muslim seharusnya menjadi pegawai terbaik, pedagang terbaik, rakyat terbaik, pengusaha yang terbaik, panglima yang terbaik, pemimpin yang terbaik, guru yang terbaik, pelajar yang terbaik, dan tetap melakukan yang terbaik dalam berbagai bentuk , tempat, dan profesi. Semoga kita dapat menjadi orang yang terbaik dan mendapatkan pemimpin terbaik yang akan mebaa masyarakat kita menjad masyarakat terbaik, masyarakat Khairu Ummah, Fa’tabiru ya Ulil albab. ( Buletin Istaid Medan, Jumat, 9 April 2018 )



No comments:

Post a Comment